Headlines News :
Home » » Kamera Nikon D5100

Kamera Nikon D5100

Written By fathans on Rabu, 14 Maret 2012 | 09.41

Nikon D5100 adalah kamera digital jenis DSLR yang mempunyai resolusi 16.2 megapixel. Kamera ini menggunakan jenis sensor CMOS yang berdasarkan hasil gambar dapat memberikan performa yang hebat untuk mereduksi noise dalam pilihan sensitivitas ISO 100 sampai dengan ISO 6400.





Kamera Nikon D5100 mempunyai body yang kokoh dan ukurannya cukup nyaman untuk dipegang dengan tangan karena tidak terlalu kecil. Lensa dapat diganti dengan menggunakan Nikon F mount untuk jenis lensa Nikkor.




Spesifikasi :

- Resolusi 16.2 megapixel

- Sensor CMOS

- Resolusi maksimal 4928 x 3264

- EXPEED 2 Image Processor

- Jenis file RAW dan JPEG file formats

- Shutter speeds 1/4000 sampai 30 seconds

- 3.0" Vari-Angle TFT dengan resolusi 921,000 pixels

- Support Live View dari LCD

- ISO range: auto, 100 sampai 6400

- Hotshoe untuk Flash external

- Jenis memory: SD / SDHC / SDXC card

- Video output NTSC / PAL format

- USB 2.0 hi-speed data and control interface

- Battery Lithium-Ion EN-EL14

- Ukuran 128 x 97 x 79 mm

- Berat 510 g (tanpa battery)



Official website : Nikon D5100



More Information:

Untuk pengguna yang mengetahui performa dari kamera digital Nikon dapat memuaskan hasratnya dengan menggunakan kamera DSLR Nikon D5100 karena kamera ini dapat memberikan hasil yang indah dengan resolusi maksimal sebesar 16.2 megapixel bersensor yang formatnya DX. Pilihan menggunakan sensor CMOS juga suatu kenyamanan yang diberikan oleh Nikon agar kamera ini dapat memberikan reduksi noise lebih baik bahkan sampai dengan ISO 25600 pada kondisi cahaya yang kurang. Untuk mempercepat performa autofocus, pengolahan proses gambar dan lainnya, maka kamera Nikon D5100 sudah dilengkapi dengan EXPEED 2 image processor.



Bagi pengemar outdoor, kamera Nikon D5100 juga sudah dilengkapi dengan fungsi HDR (high dynamic range) sehingga apabila kita ingin mengambil object foto yang mempunyai kondisi perbedaan cahaya yang kontras antara object dan background, maka sudah terdapat pilihan menu agar dapat dikalkulasi kondisi yang paling ideal agar tidak terjadi over atau under exposure pada gambar finalnya. Jadi dengan fungsi HDR kamera ini akan mengambil 2 gambar sekaligus dengan 2 settingan exposure yang berbeda, yang agak gelap dan agak terang, setelah itu dengan kemampuan HDR kedua gambar tersebut akan di kombinasikan sehingga menjadi hasil foto yang indah. Sebelumnya teknik ini hanya bisa dilakukan lewat komputer, tetapi teknologi dari Nikon D5100 sudah memberikan kemudahan ini langsung dari kamera sehingga lebih cepat dan mudah.



Kamera Nikon D5100 mempunyai dua view finder, yaitu optical dan live viewfinder. Untuk optical viewfinder adalah jenis yang umum ada di hampir semua DSLR dengan berbagai macam petunjuk mulai dari focus sampai dengan settingan kamera dapat dilihat lewat optical viewfinder. Hal yang menyenangkan dengan menggunakan optical viewfinder adalah konsumsi battery menjadi lebih irit dibanding jika kita selalu menggunakan live viewfinder, namun hal yang unik dari Nikon D5100 ini adalah karena live viewfinder jenis swivel jadi LCD kamera bisa diputar-putar kearah yang kita inginkan, ini sangat berguna jika kita akan shoot object yang sulit misalnya kamera harus dari atas atau lokasi sulit lainnya, photographer tetap dapat melihat preview object agar hasilnya bisa lebih sempurna.



Bagi pengguna yang memerlukan bantuan cahaya saat foto pada kondisi yang kurang terang, kamera DSLR Nikon 5100 sudah dilengkapi dengan buildin flash popup, yang bisa diaktifkan secara manual dengan cara menekan tombol disamping yang ada gambar flash pada lokasi dekat atasnya lensa. Flash internal ini sangat membantu walaupun kemampuannya tidak bisa maksimal. Namun untuk keperluan cahaya yang lebih terang, kamera ini juga sudah dilengkapi dengan hotshoe untuk dipasang dengan flash external.



Nikon D5100 menggunakan jenis mount lensa Nikon-F-Mount yang penggunannya dapat kompatible dengan ratusan jenis lensa yang berada dipasaran. Untuk penjualan, jenis kamera Nikon D5100 sudah dilengkapi dengan lensa kit yaitu AF-S DX Zoom-NIKKOR 18-55mm f/3.5-5.6G ED VR. Untuk penggunaan standart battery jenis EN-EL14 sudah mampu memberikan performa yang cukup ideal, tetapi kekuatan battery akan sangat berpengaruh dengan seberapa sering kita menggunakan LCD baik untuk review ataupu preview. Penggunaan flash internal juga akan semakin mempercepat habisnya battery, oleh sebab itu selalu disarankan untuk membawa battery cadangan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. NYOBANGEBLOGS - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger